Kamis, 10 April 2014

Upaya Pencegahan Dini Pada Usia Rawan Penderita Kanker Serviks


Golongan Usia Rawan Penderita Kanker Serviks

Usia 47 tahun adalah golongan usia di mana kasus penyakit kanker leher rahim paling banyak ditemukan. Kanker serviks merupakan akibat dari pertumbuhan abnormal sel-sel leher rahim yang terjadi secara lambat dan bertahap dalam jangka waktu lama. Namun demikian, ketika kasus kanker leher rahim ditemukan pada golongan usia ini, kanker telah mencapai stadium lanjut. Oleh sebab itu, kesadaran untuk melakukan pemeriksaan daerah leher rahim sejak dini sangat penting untuk memantau potensi pertumbuhan abnormal dari sel-sel leher rahim.

Usia Rawan Penderita Kanker Serviks: Faktor Resiko

Usia rawan penderita kanker serviks juga dipengaruhi oleh perilaku seksual dan gaya hidup mereka. Perokok dan perempuan yang sering berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual beresiko lebih tinggi untuk terkena kanker serviks. Sebab, infeksi menular seksual seperti HPV genital dan klamidia dapat tertular melalui perilaku seksual tidak aman tersebut dan selanjutnya infeksi ini berpotensi mendukung pertumbuhan sel-sel kanker.

Nikotin dan zat kimia dalam rokok juga berpotensi mendukung pertumbuhan sel-sel kanker sebab kedua zat ini bersifat racun ketika berinteraksi dengan sel-sel leher rahim. Selain itu, faktor gaya hidup seperti kurang berolahraga dan kurang menjaga kebersihan daerah kewanitaan menjadi pemicu tidak langsung perkembangan sel-sel kanker leher rahim.

Edukasi dini tentang kanker leher rahim, penyebab, dan pencegahannya penting untuk diberikan sebagai upaya penyebaran informasi dan pencegahan dini penyakit tersebut terutama pada golongan usia rawan penderita kanker serviks.

1 komentar: