Kamis, 10 April 2014

Hubungan Antara Endometriosis Dan Kanker Serviks

Pada dasarnya, kedua penyakit ini hampir mirip. Keduanya sama-sama merupakan penyakit berbahaya dan hanya diderita oleh wanita. Kedua penyakit inipun menyerang organ yang sama, yaitu rahim, dimana organ ini memang hanya dimiliki oleh wanita.
Mengingat kemiripan antara endometriosis dengan kanker serviks, maka tak sedikit wanita yang merasa khawatir. Tidak sedikit yang bertanya mengenai hubungan antara endometriosis dan kanker serviks. Namun, benarkah ada secara medis ada hubungan antara kedua penyakit ini? Mungkinkah seseorang yang menderita endometriosis berpotensi untuk menderita kanker serviks di kemudian hari?
Adakah Hubungan Antara Endometriosis dan Kanker Servis? Sejauh ini belum bisa dipastikan apakah ada hubungan khusus antara endometriosis dengan kanker serviks, seperti misalnya penyakit endometriosis yang diderita dapat berujung pada kanker serviks. Secara biologis, keduanya memang mempunyai banyak persamaan. Keduanya sama-sama menyerang jaringan sel yang sehat dan menyebabkannya menjadi sakit dan abnormal.
Walaupun demikian, bila sel kanker dapat menyebar lewat aliran darah, maka endometriosis tidak. Selain itu, keduanya pun menyerang pada sistem imun tubuh, dimana saat penyakit ini menyerang, maka sistem imun tubuh yang bertugas untuk menghancurkan sel-sel penyerang ini tidak dapat bekerja dengan baik, hingga akhirnya sel-sel jahat ini terus berkembang dan menyebar.
Berdasarkan penelitian, kesamaan dalam menghancurkan sistem imun tubuh inilah yang membuat endometriosis dapat berujung pada kanker serviks. Pada saat seseorang menderita endometriosis, sistem imun yang biasanya bekerja perlahan mati satu demi satu dan digantikan oleh timbulnya sel-sel yang dapat menanamkan diri dimana-mana. Sel-sel baru yang dapat menanamkan diri dimana-mana inilah yang kemudian berujung pada terbentuknya sel kanker pada bagian mulut rahim.
Kekhawatiran Seputar Hubungan antara Endometriosis dan Kanker Serviks Melihat fakta dan banyaknya kasus yang terjadi, maka kekhawatiran akan timbulnya sel kanker, terutama kanker serviks, akibat penyakit endometriosis memang wajar adanya. Mengingat bahwa kanker serviks bisa saja terjadi setelah sebelumnya penderita menderita penyakit endometriosis, walaupun belum ada penelitian yang secara jelas mengungkapkan hal tersebut, namun Anda tetap harus waspada terhadap segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi.
Tentunya akan jauh lebih baik bila Anda dapat menghindari kedua penyakit tersebut dengan menjauhi penyebabnya. Namun, bila Anda telah menjadi penderita endometriosis, maka yang harus Anda lakukan adalah mengenali tubuh Anda sendiri. Anda harus cermat terhadap tanda-tanda yang muncul dari tubuh Anda, apakah memang menunjukkan potensi terjadinya kanker serviks atau tidak. Anda dapat melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam bila diperlukan.

1 komentar: